SEMINYAK – DOKU yang memulai perjalanannya sebagai penyedia layanan Payment Gateway di Indonesia, bertransformasi menjadi perusahaan fintech pembayaran bertaraf global dan berencana memperluas jaringan layanan merchant pada tahun 2024.
Sejak didirikan pada tahun 2007, DOKU terutama berperan dalam pengelolaan transaksi digital bagi para merchant. Namun, pada tahun 2023, setelah 16 tahun pengembangan, DOKU berkomitmen untuk memperluas peluang ekonomi dengan meluncurkan layanan dan solusi inovatif yang melampaui pembayaran biasa, atau “Think Beyond Payments”.
“(Kami) Mengembangkan strategi dan terus bertransformasi agar dapat menjawab kebutuhan pasar dan tetap relevan di era yang semakin digital,” kata Himelda Renuat, co-founder dan chief marketing officer DOKU pada temu media di Bali, Rabu ( 25). /10/2023).
“Kepercayaan, inovasi, kerja sama yang solid dan seumur hidup adalah nilai-nilai yang kami pegang untuk terus menjadikan kami perusahaan yang lebih baik dari waktu ke waktu,” lanjutnya.
Himelda Renuat juga menyampaikan beberapa pencapaian penting DOKU selama tahun 2023, antara lain:
1. Pencapaian Transaksi DOKU
Hingga Oktober 2023, DOKU telah mencatat lebih dari 200 juta transaksi dari merchant, dengan pertumbuhan bisnis stabil lebih dari 80 persen setiap tahunnya. Di wilayah Bali dan Nusa Tenggara, tempat DOKU beroperasi sejak awal tahun 2014, terdapat lebih dari 1.900 pedagang di sektor pariwisata dan pendidikan yang menggunakan jasanya.
Pulihnya industri pariwisata di Bali pasca pandemi Covid-19 menyebabkan peningkatan transaksi yang signifikan, dengan peningkatan hingga 400 persen dari pedagang di daerah tersebut.
2.DOKU Bos
Juragan DOKU yang diperkenalkan pada pertengahan tahun 2023 dirancang untuk mendukung pengembangan UMKM. Kini, layanan ini telah menyatukan lebih dari 15.000 UMKM yang dapat menggunakannya melalui website atau aplikasi yang tersedia di Google Play Store dan App Store.
UMKM yang memiliki akses dapat menikmati produk pembayaran digital seperti Payment Link yang dapat meningkatkan jumlah transaksi sukses melalui WhatsApp, dapat menggunakan e-Catalog yang mampu membuat toko online secara mandiri, dapat mendaftar QRIS/menggunakan QRIS yang dapat menerima pembayaran dengan kode serta pelatihan bisnis online gratis yang akan dipimpin oleh mentor bisnis terpercaya.
3. Peningkatan transaksi QRIS
DOKU mengalami peningkatan transaksi QRIS sebanyak empat kali lipat selama tahun 2023 dibandingkan tahun 2021 saat metode ini pertama kali diperkenalkan. QRIS saat ini menjadi salah satu dari tiga opsi pembayaran utama di DOKU, bersama dengan virtual account dan e-wallet.
Menuju 2024: Menjadi Fintech pembayaran, berekspansi ke luar negeri
Nabilah Alsagoff, salah satu pendiri dan COO DOKU, memberikan gambaran umum tentang peralihan strategis DOKU dari penyedia gateway pembayaran menjadi entitas fintech pembayaran yang beroperasi secara global setelah lebih dari satu dekade beraktivitas.
Dengan transformasi ini, DOKU memperluas fungsinya lebih dari sekedar fasilitator pembayaran antara mitra bisnis dan merchant, memasuki kancah global. DOKU telah melebarkan sayapnya melampaui pasar domestik, dengan berani memasuki pasar luar negeri dengan akuisisi pertama mereka, SenangPay, gerbang pembayaran terkemuka di Malaysia.
Langkah ini tidak hanya menambah portofolio DOKU tetapi juga membuka peluang baru, khususnya di segmen UKM, dimana SenangPay mendapat investasi sebesar US$7,5 juta setelah bergabung dengan DOKU.
Pada tahun 2024, rencana DOKU termasuk mengembangkan ekosistem dompet digital, dengan penekanan pada inovasi “Beyond Payments”, untuk memberikan layanan yang lebih komprehensif kepada pedagang dan memperluas operasi mereka secara global, menurut Nabilah.
1. Dompet sebagai layanan
DOKU diatur untuk meluncurkan layanan ‘Portofolio sebagai Layanan’. Dengan ini, DOKU bermaksud menggunakan lisensi e-wallet yang dimilikinya untuk meningkatkan manajemen transaksi di lingkungan bisnis komersial.
“Kami tidak melakukan akuisisi pelanggan seperti DANA, OVO, dan sebagainya, namun portofolio kami adalah platform as a service, artinya kami memberikan solusi bagi merchant untuk memanfaatkan platform kami sehingga mereka dapat berinovasi dengan layanan yang kami bangun. mereka.dompet. Ini adalah wallet-as-a-service,” jelas Nabilah.
2. Buka dan tutup opsi dompet sirkuit
DOKU akan memperkenalkan dua jenis dompet digital, tertutup dan terbuka. Dengan dompet digital tertutup, tim keuangan pedagang dapat lebih mudah mengelola saldo dan membuat program loyalitas dalam sistem mereka, sehingga dapat meningkatkan retensi pelanggan.
Di sisi lain, dompet digital terbuka akan memungkinkan terciptanya dompet elektronik merek bersama melalui kolaborasi bisnis, khususnya cocok untuk aplikasi yang dikembangkan komunitas.
“Dompet digital terbuka memudahkan masyarakat atau perusahaan untuk meluncurkan dompet digital dengan mereknya, tanpa harus memiliki lisensi e-wallet,” jelas Nabilah seraya menambahkan bahwa dompet terbuka biasanya memerlukan persetujuan dari Bank Indonesia.
3. Menargetkan lembaga-lembaga pemerintah
DOKU juga bertujuan untuk memperdalam kerja sama dengan instansi pemerintah untuk meningkatkan penggunaan sistem pembayaran digital. Saat ini DOKU melayani lebih dari 150.000 merchant dari berbagai industri, termasuk perusahaan ternama seperti TikTok, Google, Garuda, Prudential, dan Traveloka.
DOKU berbeda karena merupakan penyedia layanan pembayaran terakreditasi dengan lima izin dari Bank Indonesia, yang memberikan mereka kemampuan untuk menawarkan berbagai layanan.
Ikuti Berita Okezone di berita Google
Dapatkan berita terupdate dengan segala berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun ORION, daftar sekarang
klik disinidan kami mengharapkan kejutan menarik lainnya
(akan)
Quoted From Many Source